Belajar ke UPTI Mamin dan Kemasan Sidoarjo

Kemasan adalah pelindung produk sehingga produk yang dibuat produsen dapat sampai ke tangan pelanggan ataupun pemakai dalam keadaan baik. Kemasan memegang peranan penting dalam pengawetan bahan hasil pertanian maupun olahan hasil pertanian. Disebut berperan penting karena kemasan mempunyai beberapa fungsi diantaranya sebagai tempat atau wadah, tempat penyimpanan agar efisien dan ekonomis, mencegah atau mengurangi kerusakan dari bahaya fisik, kimia, dan biologi, memperpanjang daya simpan, serta sebagai media promosi (identifikasi, informasi, daya tarik konsumen).

TIP UNIDA Gontor ke UPTI Mamin dan Kemasan SidoarjoDesain kemasan yang menarik akan membuat konsumen lebih cenderung untuk membeli produk tersebut. Maka dari itu, dalam mendesain sebuah kemasan harus memperhatikan hal-hal seperti pemilihan bahan kemasan yang sesuai dengan karakteristik produk yang akan dikemas, desain kemasan yang menarik, pencantuman informasi yang dibutuhkan konsumen, seperti tanggal produksi dan kadaluarsa (expire date), komposisi produk, nilai gizi, label halal, label dari dinas kesehatan, dan dinas terkait dan lain sebagainya.

Berkaitan dengan hal tersebut, prodi teknologi industri pertanian yang lebih berfokus pada produk agroindustri penting untuk mempelajari tentang kemasan. Kunjungan ke UPT Industri Makanan dan Minuman & Kemasan di Sidoarjo yang dilakukan pada hari Kamis, 18 Desember 2014, antara pukul 08.00 WIB-12.00 WIB. Dengan melakukan kunjungan ini, diharapkan baik dosen maupun mahasiswa TIP lebih memahami tentang kemasan, baik dari langkah-langkah desain, pemilihan bahan pengemas sesuai karakteristik produk, mesin dan peralatan pengemasan, dan hal-hal yang terkait dengan kemasan. Berikut adalah foto dokumentasi kegiatan tersebut.

Mesin dan Alat Kemasan di UPTI Mamin dan Kemasan SidoarjoTIP Belajar teknologi dan desain kemasan ke UPTI Mamin dan Kemasan Sidoarjo

Teknis pelaksanaan kunjungan agroindustri ke UPTI Mamin, dosen dan mahasiswa mendengarkan presentasi dari pihak UPTI Mamin. Presentasi yang disampaikan berisi tentang sejarah berdirinya UPTI Mamin, Dasar Hukum, Tugas & Fungsi, Visi, Misi, & Tujuan, Struktur Organisasi, Jenis Kegiatan & Layanan, Gedung beserta alat dan mesin pengemasan yang dimiliki untuk menunjang desain kemasan. Acara presentasi ditutup dengan sesi tanya jawab. Pemaparan tersebut disampaikan oleh Pimpinan UPTI Mamin yang dilanjutkan oleh staffnya. Terlihat baik dosen maupun mahasiswa antusias dalam sesi tanya jawab tersebut.

Setelah mendengarkan presentasi, dosen dan mahasiswa dipersilahkan menuju ruang kantor desain kemasan. Di ruang tersebut, kami diberi penjelasan bagaimana langkah-langkah mendesain kemasan hingga kemasan dicetak, apa saja persyaratan yang harus dipenuhi customer, dan bagaimana cara mendaftarkan produk yang ingin didesain kemasannya. Kunjungan berlanjut di gedung kemasan fleksibel (kemasan plastik). Gedung ini dibagi menjadi beberapa ruang, dimana masing-masing ruang terdapat alat atau mesin kemasan dengan fungsi yang berbeda-beda sesuai dengan karakteristik produk yang akan dikemas.

Secara keseluruhan, pelaksanaan kunjungan di UPTI Mamin Sidoarjo berlangsung lancar dan sesuai dengan perencanaan sebelumnya. Dosen dan mahasiswa TIP antusias melihat secara langsung proses pengemasan produk agroindustri di masing-masing mesin pengemasan. Hal ini bisa dilihat dari keingintahuan mahasiswa dengan memanfaatkan sesi tanya jawab dengan baik, saat presentasi maupun saat di lapangan. Ada beberapa rencana tindak lanjut yang dapat dilakukan setelah kunjungan seperti mengadakan seminar dan pelatihan tentang kemasan yang baik untuk UMKM yang ada disekitar kampus UNIDA Gontor.