Pembukaan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 oleh Kyai Hasan Abdullah Sahal selaku Pimpinan PMDG

Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016

Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor dalam memperingati 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor. Ini merupakan acara yang akan memperkenalkan bisnis UMKM yang bergerak di bidang Pangan, Kerajinan dan Pertanian se-Karesidenan Madiun.

I. PENDAHULUAN

 

A. Latar Belakang

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan potensi ekonomi Indonesia yang memerlukan perhatian besar terutama dari Pemerintah dan Akademisi.  Menurut Kementrian Perindustrian, pada tahun 2016 kontribusi sektor usaha mikro, kecil, dan menengah terhadap produk domestik bruto meningkat dari 57,84 persen menjadi 60,34 persen dalam lima tahun terakhir. Serapan tenaga kerja pada sektor ini juga meningkat, dari 96,99 persen menjadi 97,22 persen pada periode yang sama. Kontribusi UMKM yang semakin tinggi terhadap perekonomian mendorong akademisi mengambil bagian dalam meningkatkan daya saing melalui terlaksananya Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016.

Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 diharapkan menjadi ajang mempromosikan produk UMKM unggulan se-Karesidenan Madiun dan upaya peningkatan daya saing UMKM.

 

B. Tujuan

Kegiatan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 ini diselenggarakan dengan tujuan :

  1. Sebagai ajang promosi produk unggulan UMKM berbasis Pangan, Kerajinan dan Pertanian se Karesidenan Madiun.
  2. Untuk menjembatani Perguruan Tinggi dengan UMKM dalam penyampaian arus informasi terkait penelitian dan pengabdian masyarakat di bidang agroindustri.
  3. Memberikan manfaat sebesar-besarnya dari Perguruan Tinggi kepada masyarakat khususnya UMKM dalam upaya peningkatan ketahanan dan kedaulatan pangan.

II. PELAKSANAAN KEGIATAN

 

A. Nama Kegiatan

Kegiatan yang telah dilaksanakan bernama Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016. Kegiatan ini merupakan salah satu bagian dari acara Konferensi Nasional Kedaulatan Pangan (KNKP) 2016 yang merupakan rangkaian acara Peringatan Kesyukuran 90 Tahun Pondok Modern Darussalam Gontor.

B. Waktu dan Tempat Kegiatan

Kegiatan  Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 dilaksanakan pada hari Rabu – Kamis tanggal 7 – 8 September 2016. Tempat pelaksanaan kegiatan adalah di sebelah barat Gedung Utama, Kampus Siman – Universitas Darussalam Gontor, Ponorogo.

C. Pelaksana (Panitia) Kegiatan

Kegiatan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 dilaksanakan oleh Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Darussalam Gontor. Pelaksana kegiatan ini melibatkan dosen dan mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi.

D. Peserta kegiatan

Kegiatan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 diikuti oleh perwakilan mahasiswa dari Prodi Agroteknologi, Teknologi Industri Pertanian Fakultas Sains dan Teknologi UNIDA Gontor dan pelaku UMKM wilayah se-Karesidenan Madiun. Peserta stand sebanyak 25 tenant yang terdiri dari tiga stand perwakilan mahasiswa dan 22 stand UMKM.

E. Susunan acara

Kegiatan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 17.00 WIB.

F. Deskripsi Pelaksanaan Kegiatan

Kegiatan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 direncanakan untuk dilaksanakan 2 hari dimulai pukul 08.00 dan berakhir pada pukul 17.00. pada hari pertama pelaksanaan acara, Expo dibuka pada pukul 10.15 dengan pemotongan pita oleh Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG) dan Pimpinan Universitas Darussalam Gontor beserta rombongan Staf Ahli Kementrian Pertanian. Setelah pemotongan pita, rombongan Pimpinan PMDG dan UNIDA melakukan kunjungan ke stand-stand bazar. Hari pertama pelaksanaan acara Expo bersamaan dengan kegiatan Seminar Nasional KNKP 2016 sehingga setelah selesai acara Seminar Nasional KNKP para peserta seminar diarahkan untuk mengunjungi stand Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016. Dalam mendorong minat peserta seminar nasional untuk mengunjungi Expo, panitia menyediakan kupon potongan harga yang diberikan secara acak di bangku peserta seminar. Minat pengunjung dari civitas akademika UNIDA dan peserta Seminar Nasional KNKP untuk mengunjungi Bazar cukup besar dilihat dari banyaknya pengunjung yang mengunjungi bazar.

Pada hari kedua pelaksanaan acara, bazar yang direncanakan dimulai dari pukul 08.00 dan diakhiri pada pukul 17.00 WIB tidak sesuai dengan perencanaan. Peserta stand mulai membubarkan diri pada pukul 14.00 WIB karena sudah tidak ada pengunjung yang mengunjungi stand.

I. PENUTUP

 

A. Kesimpulan

Dengan dilaksanakannya kegiatan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 maka, edukasi masyarakat telah dilaksanakan. Dengan berbagai kekurangannya, segenap panitia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat di dalam acara Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016.

B. Saran

Dalam pelaksanaan acara ini, panitia mendapatkan saran-saran baik dari peserta stand ataupun dari pengunjung Bazar. Saran – saran tersebut antara lain :

  • Lokasi bazar dilaksanakan di lokasi yang lebih terjangkau untuk pengunjung luar UNIDA Gontor.
  • Layout peserta stand yang dibuat lebih kecil namun memungkinkan pengunjung untuk mengunjungi semua stand di bazar.
  • Peserta stand yang dikelompokkan berdasarkan jenis produknya.

Dokumentasi Kegiatan

Pembukaan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 oleh Kyai Hasan Abdullah Sahal selaku Pimpinan PMDG
Pembukaan Islamic Food, Craft and Agro Expo 2016 oleh Kyai Hasan Abdullah Sahal selaku Pimpinan PMDG
Kunjungan Pimpinan PMDG, Pimpinan UNIDA dan Staf Ahli Menteri ke salah satu Stand Mahasiswa
Kunjungan Pimpinan PMDG, Pimpinan UNIDA dan Staf Ahli Menteri ke salah satu Stand Mahasiswa
Kunjungan Pimpinan PMDG ke salah satu peserta stand dari UMKM
Kunjungan Pimpinan PMDG ke salah satu peserta stand dari UMKM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *