Konferensi Nasional Kedaulatan Pangan 2016 di UNIDA Gontor

Pada tanggal 7 September 2016 bertempat di Hall Utama Gedung Utama Lt 4 UNIDA Gontor telah diselenggarakan acara Konferensi Nasional Kedaulatan Pangan. Acara tersebut mengangkat tajuk “Pertanian Berkelanjutan Dan Agroindustri Halal Dalam Mendukung Kedaulatan Pangan Untuk Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA)”. Dalam acara tersebut hadir Ir. Baran Wirawan, MSc sebagai keynote speaker yang mewakili Kementerian Pertanian. Selain itu, acara tersebut juga menghadirkan 4 orang pembicara skala Nasional (invited speakers) yang diantaranya adalah:

  • Badan Ketahanan Pangan:    Dr. Ir. Tjuk Eko Hari Basuki, M.Si.
  • Lembaga Sertifikasi Organik Seloliman (LeSOS): Purnomo, drh.
  • Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika (LPPOM) MUI Pusat:    Ir. Sumunar Jati
  • PT. Mubarok Cipta Delicia: Muhammad Hilmy, SE

Peserta yang hadir dalam kegiatan tersebut berjumlah 527 orang dengan ketentuan 103 undangan ; 33 pemakalah Call for Papers dan 391 mahasiswa UNIDA. Kegiatan Seminar Nasional ini dihadiri banyak kalangan seperti pelaku UMKM, institusi pemerintahan pusat maupun daerah, akademisi undergraduate dan graduate program dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, asosiasi serta tamu undangan.

Konferensi Nasional Kedaulatan Pangan 2016 di UNIDA Gontor

Acara konferensi tersebut berjalan dengan lancar dan berlangsung dari pukul 08.00 hingga 13.00 WIB. Dari beberapa peserta yang diwawancarai, mereka memberikan testimoni positif. Salah satunya adalah “Baru dua tahun berdiri tapi sudah menyelenggarakan acara sebesar ini”.

Setelah acara seminar selesai, dilanjutkan dengan acara call for papers. Para peserta memaparkan karya ilmiahnya dalam bentuk oral dan poster. Ada 33 peserta yang hadir dari 49 pendaftar, yang terbagi menjadi 4 sub tema, sebagai berikut:

Topik Makalah Pendaftar Hadir
Teknologi Pertanian Tepat Guna 25 19
Pertanian Berkelanjutan 9 4
Kebijakan Industri Pertanian 5 4
Agro-industri Halal 6 4
Teknologi Industri Pertanian (Rekayasa, Proses) 4 2
JUMLAH 49 33

Luaran dari call for papers adalah Prosiding. Prosiding tersebut dapat diperoleh dengan menghubungi panitia.

 

Dokumentasi dalam bentuk Video

Anda dapat menyaksikan dokumentasi acara KNKP dalam bentuk video melalui laman Youtube. Kami sediakan embednya di laman berikut:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *