KULIAH PAKAR: Pengetahuan Bahan Pangan Halal dan Perkembangan Industri Pangan Halal di Indonesia

KULIAH PAKAR: Pengetahuan Bahan Pangan Halal dan Perkembangan Industri Pangan Halal di Indonesia

KULIAH PAKAR: Pengetahuan Bahan Pangan Halal dan Perkembangan Industri Pangan Halal di IndonesiaPonorogo, 16 April 2016
Program Studi TIP UNIDA mengadakan Kuliah Pakar dengan tema “Pengetahuan Bahan Pangan Halal dan Perkembangan Industri Pangan Halal di Indonesia” pada tanggal 16 April 2016 di Hall Hotel UNIDA lantai 2. Pakar yang menyampaikan materi adalah Dr. Sucipto, STP, MP yang merupakan Dosen Jurusan Teknologi Industri Pertanian Universitas Brawijaya serta peneliti yang berfokus pada kehalalan pangan. Peserta yang hadir dalam Kuliah Pakar tersebut adalah seluruh mahasiswa Program Studi TIP UNIDA dan perwakilan mahasiswa Program Studi Gizi UNIDA.

Halal merupakan syarat utama bagi konsumen muslim dalam mengkonsumsi produk pangan. Dalam memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN, persyaratan mengenai kualitas menjadi syarat utama suatu produk untuk bisa bertahan, termasuk di dalamnya mengenai jaminan produk halal. Sistem jaminan halal yang diterapkan oleh industri halal di Indonesia saat ini disusun oleh LPPOM MUI (Lembaga Pengkajian Pangan, Obat dan Kosmetik Majelis Ulama Indonesia) di bawah naungan MUI sebagai lembaga swadaya yang memiliki wewenang dalam memberikan audit terkait sertifikasi halal di Indonesia.

Kajian halal menjadi satu kajian yang penting di tingkat perguruan tinggi dalam rangka peningkatan daya saing industri pangan. Perguruan tinggi sebagai jembatan antara regulator halal yang dipegang oleh Pemerintah melalui UU Jaminan Produk Halal no.33 tahun 2014, pelaksana sertifikasi halal di masyarakat yaitu LPPOM MUI serta masyarakat sebagai konsumen produk pangan halal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *