peserta lokakarya kurikulum inti tip apta unej

Kurikulum Inti TIP Hasil Lokakarya APTA – UNEJ Jember 30 Oktober 2014

Kurikulum merupakan sentral kegiatan dan peranannya vital dalam proses pendidikan. Hampir seluruh kegiatan pendidikan bermuara pada kurikulum. Secara ringkas, kurikulum dapat digunakan sebagai acuan atau pedoman dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, penyusunan kurikulum yang baik dan berkualitas akan menentukan kesuksesan pendidikan yang diselenggarakan.

Kurikulum pendidikan terus mengalami perkembangan dan penyempurnaan. Kurikulum berbasis kompetensi dijalankan berdasar Peraturan Pemerintah No. 17 Tahun 2010 Pasal 97 mulai akhir tahun 2002. Sampai dengan saat ini, dalam upaya melakukan kualifikasi terhadap lulusan perguruan tinggi di Indonesia, pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 08 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang menjadi acuan dalam penyusunan capaian pembelajaran lulusan dari setiap jenjang pendidikan secara nasional.

Universitas Darussalam Gontor sebagai institusi pendidikan tinggi juga perlu menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas. Program Studi Teknologi Industri Pertanian (PS TIP) sebagai salah satu elemen dari Universitas Darussalam di bawah Fakultas Sains dan Teknologi dituntut untuk menghasilkan luaran yang berkualitas dan berperan nyata dalam pembangunan masyarakat. Untuk mengakomodasi penyelenggaraan pendidikan yang berkualitas tersebut, PS TIP bergabung dengan Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA) yang merupakan asosiasi prodi TIP nasional. Salah satu agenda yang diselenggarakan APTA adalah “Lokakarya Nasional Penyusunan Kurikulum Program Studi Teknologi Industri Pertanian” yang diadakan di Universitas Jember pada tanggal 30-31 Oktober 2014. PS TIP juga mendapatkan undangan untuk turut berperan serta dalam kegiatan tersebut. Berikut adalah run down acara tersebut.

Lokakarya Nasional Penyusunan Kurikulum Program Studi Teknologi Industri Pertanian

Dari kegiatan dihasilkan kesepakatan untuk menelorkan kurikulum inti, atau mata kuliah yang harus ada pada program studi TIP sehingga hasil kegiatan acara tersebut berupa mata kuliah inti penciri prodi TIP yang berupa 15 mata kuliah dengan kredit minimal 2 sks untuk setiap mata kuliah. Prodi diberikan kebebasan untuk menambahkan kredit, sesuai dengan kebutuhan dan target yang ingin dicapai. Mata kuliah tersebut tersusun atas 3 pilar, yaitu Teknologi, Manajemen, dan Rekayasa Sistem. Masing-masing pilar tersusun atas 5 mata kuliah.

Kurikulum Inti TIP versi APTA di UNEJ

Di akhir acara lokakarya, para peserta melakukan foto bersama yang diperlihatkan seperti berikut.

peserta lokakarya kurikulum inti tip apta unej