Foto bersama presentasi laporan pkm

MAHASISWA TIP UNIDA GONTOR MENJADI FINALIS PIMNAS KE-29 DI IPB BOGOR

Pada tanggal 7-13 Agustus 2016, mahasiswa TIP UNIDA GONTOR mewakili Universitas Darussalam Gontor untuk mengikuti Pekan Ilmiah Nasional (PIMNAS) ke-29 yang merupakan event lanjutan dari Program Kreativitas Mahasiswa yang diselenggarakan oleh Kemenristek DIKTI. PIMNAS ke-29 yang bertempat di Institut Pertanian Bogor (IPB) diikuti oleh peserta dari seluruh Universitas dan Perguruan Tinggi swasta dan negeri di Indonesia. Jumlah delegasi yang mengikuti PIMNAS sebanyak 440 kelompok yang terbagi ke dalam 5 kategori, antara lain :

  • PKM – K ( Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan )
  • PKM – M ( Program Kreativitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat )
  • PKM – P ( Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian )
  • PKM – GT ( Program Kreativitas Mahasiswa Gagasan Tertulis )
  • PKM – KC ( Program Kreativitas Mahasiswa Karya Cipta )

Delegasi mahasiswa TIP UNIDA GONTOR terdiri dari Muhammad Naufal Reihansyah, Ahmat Muzaeni Arif Efendi, Ilham Sabil M, Marga Winata Kusuma, dan Firmandita Aditama dengan Dosen Pembimbing Ibu Maya Sari M.Si berkesempatan untuk bersaing di PIMNAS dalam kategori PKM-M dengan judul Program Bina Lingkungan (Binal) Sadar Pilah Sampah dan Aplikasi Teknologi Pengomposan di Pondok Modern Darussalam Gontor 1 – Ponorogo.

PMDG 1  dengan luas sekitar 18 Ha dan penghuni sekitar 6.000 orang berpotensi besar menghasilkan sampah  organik maupun anorganik. Pengelolaan sampah pondok di TPST PMDG 1 dilakukan secara manual. Kegiatan yang dilakukan meliputi pengumpulan sampah, pemilahan sampah di TPST, penjualan sampah yang bisa dijual dan pembakaran sampah yang tidak bisa dijual.

Program aplikasi teknologi pengomposan berhasil menyediakan sarana dan prasarana pengomposan untuk mengolah sampah organik yang terdapat di TPST. Program ini juga telah mentransfer ilmu pengetahuan serta teknologi pengomposan kepada bagian bersih lingkungan PMDG 1, pengelola serta karyawan TPST. Dengan adanya program BinaL, TPST PMDG telah mampu mengelola sampah organik secara mandiri dan kedepannya akan dapat mendirikan unit usaha pengomposan yang dapat mendatangkan keuntungan.

Dari kegiatan ini, diharapkan menjadi pelajaran dan pengalaman berharga bagi UNIDA Gontor sehingga tahun depan lebih banyak delegasi yang tampil sebagai juara di PIMNAS tahun depan.

delegasi tim pkm ikut pimnas tip unida gontor
Delegasi tim pkm ikut pimnas tip unida gontor
Rombongan mhs pimnas dari unida gontor
Rombongan mhs pimnas dari unida gontor
Penilaian Poster PKM UNIDA Gontor Dewan Juri
Penilaian Poster PKM UNIDA Gontor Dewan Juri
Foto bersama presentasi laporan pkm
Foto bersama presentasi laporan pkm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *