Seminar Nasional dan Kongres APTA 2016 di Jember

Jember – Hari Rabu – Kamis, 26-27 Oktober 2016 telah diselenggarakan acara Seminar Nasional yang diselenggarakan oleh Prodi Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Jember yang bekerjasama dengan Teknologi Asosiasi Profesi Teknologi Agroindustri (APTA). Acara seminar tersebut mengangkat tema “Mewujudkan Sistem Industri Pertanian dan Perikanan yang Tangguh dan Modern dalam Rangka Mendukung Kemandirian Bangsa“. Sebagai anggota aktif APTA, TIP Unida Gontor turut mengirimkan delegasinya untuk mengikuti acara tersebut. Hadir dalam acara tersebut dari TIP Unida Gontor adalah Slamet Purwanto, M. Nur Kholis, dan Agensy Nurmaydha.

semnas-apta-oktober-2016-tip-ftp-univ-jember

delegasi-semnas-apta-oktober-2016-nurkholis-slamet-agensy

Pada acara seminar tersebut, Agensy Nurmaydha juga hadir sebagai Pemakalah. Beliau menyampaikan makalah yang berjudul “Analisis Produktivitas pada Bagian Produksi Gondorukem dan Terpentin Menggunakan Metode Objective Matrix (OMAX)“.

sesi-pemaparan-makalah

agensy-pemakalah-semnas-apta-2016

Di sela-sela acara seminar, pada malam tanggal 27 Oktober 2016 juga diselenggarakan kongres APTA. Kongres tersebut diselenggarakan dalam rangka berakhirnya kepengurusan APTA dan perlu untuk regenerasi ke pengurus yang baru. Pada kesempatan tersebut, kongres diawali oleh laporan dari pengurus lama kemudian dilanjutkan pembentukan tim inti yang akan menentukan ketua APTA yang baru. Akhirnya diperoleh kesepakatan bahwa beralihnya pimpinan APTA dari Bpk Dr. Henry Yuliando kepada Bpk Dr. Adi Joko.

kongres-pengurus-anggota-apta

Pada hari kedua (27 Oktober 2016), masih diselenggarakan lanjutan pemaparan makalah. Dalam kesempatan tersebut, kami dari UNIDA Gontor menyempatkan untuk silaturahim ke TIP Fakultas Teknologi Pertanian (FTP), Universitas Jember. Alhamdulillah kami disambut sangat baik oleh Dekan FTP, Bpk. Dr. Yuli Witono. Bahkan, beliau menyempatkan untuk kami berkunjung ke laboratorium dan fasilitas penunjang di lingkungan FTP UNEJ. Pihak FTP UNEJ membuka lebar pintu kerjasama, sangat mungkin untuk dilanjutkan dengan MoU antar universitas dengan fasilitas dan perantara melalui FTP.

Di akhir acara, kami berkunjung ke Pusat Penelitian Kopi dan Kakao (PuslitKoKa) Indonesia yang ada di Jember. Di sana, kami diajak keliling untuk melihat peralatan yang digunakan dalam proses pengolahan kakao menjadi coklat. Pihak puslitkoka (Bpk Kris dan Bpk Firul) juga menyambut secara resmi dan dalam kesempatan tersebut mereka membuka peluang terciptanya kerjasama yang saling menguntungkan.

kunjungan-ke-puslitkoka-jember

sambutan-puslitkoka

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *