STADIUM GENERAL: SUKSES BERMULA DARI MAHASISWA

Latar Belakang STADIUM GENERAL

Motivasi merupakan daya penggerak dari dalam diri untuk melakukan usaha agar mencapai tujuan.Motivasi akan mendorong atau menarik seseorang yang menyebabkan adanya tingkah laku ke arah suatu tujuan tertentu. Salah satu cara memotivasi adalah dengan mendatangkan seseorang yang memiliki pengalaman yang bisa dibagikan yang kemudian mampu menginspirasi dan menggerakkan seseorang untuk meneladani usaha yang dilakukan untuk mencapai kesuksesan.

Stadium General merupakan suatu wadah yang mampu memberikan motivasi dan pengetahuan baru pada mahasiswa Universitas Darussalam (Unida) Gontor, khususnya mahasiswa Program Studi Teknologi Industri Pertanian (PS TIP). Lulusan PS TIP Unida Gontor dibentuk untuk memiliki karakter sebagai pribadi yang unggul baik bekerja secara mandiri (wirausaha) maupun bekerja pada suatu sistem perusahaan. Untuk membentuk karakter tersebut, mahasiswa dipandang perlu untuk mendapatkan informasi/materi yang dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan.

 Tujuan

  • Meningkatkan motivasi mahasiswa untuk lebih aktif di kampus, baik intra dan ekstrakurikuler sebagai bekal untuk berwirausaha.
  • Menumbuhkan semangat mahasiswa untuk berpikir kreatif dan inovatif.
  • Menumbuhkan jiwa entrepreneurship pada mahasiswa.
  • Memacu mahasiswa untuk mencapai kesuksesan di usia muda.

Kegiatan “Stadium General” dilaksanakan pada hari Kamis, 5 Maret 2015 bertempat di Hall CIOS Unida.Sebelum pelaksanaan Stadium General, terlebuh dahulu dilaksanakan kuliah tamu pada hari Kamis, 26 Februari 215 di Hall Hotel Unida oleh Bapak Malik Gunawan dari PT Adev Natural Indonesia, Bogor.

Stadium General Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor bertema Sukses Bermula dari Mahasiswa

Peserta pada acara Stadium General terdiri dari mahasiswa UNIDA Gontor dengan perkiraan jumlah peserta total100 orang termasuk undangan dosen. Mahasiswa berasal dari prodi Teknologi Industri Pertanian (30 orang), Prodi Agroteknologi (10 orang), Prodi Teknik Informatika (5 orang), Prodi Gizi dan Farmasi (10 orang) serta perwakilan 2 orang dari prodi-prodi lain di UNIDA. Tamu undangan terdiri dari Dosen Fakultas Saintek 20 orang dan Dosen Prodi lain yang mengajar di TIP.

Pendapat/Komentar Dosen dan Peserta Stadium General

Acara Stadium General bagus untuk memotivasi semangat anak-anak agar terus menuntut ilmu, tanpa harus merepotkan orangtua. Pemateri sesuai dengan tema (Hana Marantika,Dosen Ilmu Komunikasi)

Acara berlangsung lancar, rapi dan memotivasi mahasiswa untuk berwirausaha, selain itu juga memberikan gambaran mahasiswa tentang penulisan ilmiah bagaimana dengan karya ilmiah dapat mendatangkan income bagi mahasiswa Perlu diadakan seminar lanjutan tentang penulisan ilmiah yang akan mengantarkan Mahasiwa pada pekan ilmiah nasional (Lutfi Ditya Cahyanti, Dosen Agroteknologi)

Acara Stadium General TIP bagus, menurut saya semuanya lancar dan acaranya tertata dengan rapi apalagi ditambah ada acara coffee break (M. Tri Setyo Agung P., Agroteknologi)

Acara Stadium General TIP memberi motivasi agar mahasiswa berpikir kedepan, pemateri sederhana namun memiliki motivasi yang tinggi dalam menjalani hidup. Kekurangan acara ini, informasi mengenai adanya acara masih minim, kelebihan ada sesi coffee break. (Susfa Marfida Yahya, Ekonomi Islam)

Acara Stadium General lumayan bagus, namun pemateri masih terlalu umum. Sesi tanya jawab kedua masih kurang, padahal banyak peserta yang mau bertanya. Acara seperti ini harus diadakan lagi karena sangat penting khususnya untuk mahasiswa baru yang belum banyak pengalaman (M. Iqbal, Syariah)

Pemateri sudah bagus, konsep acara mengenai motivasi untuk sukses juga bagus tapi materi lebih condong ke bidang TIP. Ada sesi coffee break sebagai waktu istirahat.Acara lebih cocok dengan tema training motivation (Zaenury Adhim, Mahasiswa Teknik Informatika)

Melihat antusias mahasiswa pada acara Stadium General, maka sangat perlu diadakan acara semacam ini oleh prodi-prodi di UNIDA.Selain untuk memberikan motivasi, acara semacam ini juga bisa memberikan gambaran tentang lulusan prodi.Pemateri yang diundang tidak harus yang berskala nasional namun pemateri yang memiliki integritas dengan background perjuangan hebat dalam meraih kesuksesan. Dengan demikian mahasiswa dari kalangan apa pun akan bersemangat dalam menggapai cita-cita kesuksesannya.