Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor Hadirkan Pemilik Usaha Kosmetik dari Bogor

Teknologi Industri Pertanian adalah salah satu program studi yang ada di Fakultas Sains danTeknologi Universitas Darussalam Gontor. Prodi ini berfokus pada peningkatan nilai tambah komoditas atau hasil pertanian melalui proses pengolahan “secara industri”. Untuk meningkatkan kompetensi dan motivasi mahasiswa, prodi Teknologi Industri Pertanian mengadakan Stadium General. Stadium General yang di Indonesia disebut dengan kuliah umum merupakan salah satu jenis kegiatan perkuliahan. Stadium Generale pada prodi TIP Unida Gontor ini dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan dan motivasi para mahasiswa baru mengenai kuliah (berikut dengan kegiatan ekstra dan intrakurikuler) yang akan mereka jalani dan memberikan gambaran dunia kerja atau prospek kerja setelah lulus.

Produsen Sabun dan Kosmetik ADEV Natural Indonesia

Pada hari Kamis tanggal 26 Februari 2015, Prodi TIP mendatangkan seorang pengusaha kosmetik dan personal care (sabun kecantikan) yang berasal dari Bogor Jawa Barat. Nama pematerinya adalah Muhammad Malik Gunawan, STP. MSi. Beliu adalah Presiden Direktur PT. Adev Natural Indonesia yang menjual jasa maklon kosmetik dan maklon sabun kecantikan Beberapa varian sabun adalah berbagai jenis sabun (sabun transparan, sabun herbal, sabun hotel, sabun cair dll) dan juga menjual mesin sabun. Sebagaimana halnya sebuah perusahaan jasa maklon, PT. ADEV Natural Indonesia juga memberikan beberapa syarat jasa maklon yang mudah untuk diikuti oleh pembelinya.

Beliau memberikan kuliah umum tentang bagaimana merintis suatu usaha skala laboratorium atau skala kecil sehingga menjadi skala perusahaan atau skala besar, mulai dari generate ide dan memasarkan produknya. Acara Stadium Generale tersebut diadakan di Mini Hall Hotel Unida Gontor yang dihadiri kurang lebih 20 orang mahasiswa.

Pada kesempatan tersebut, pembicara menyarankan untuk belajar tentang ilmu dagang sebelum berdagang. Ilmu dagang yang dimaksud adalah aturan perdagangan dalam Islam. Jadi tidak semata mengejar keuntungan duniawi tanpa menafikan aturan agama Islam (jika muslim). Alquran sudah menyebiutkan bahwa “Dihalalkan jual beli dan diharamkan riba” ( Al-Baqarah : 275). Dengan belajar tentang ilmu dagang, diharapkan pada saat berdagang akan terhindar dari hal-hal yang diharamkan (dilarang) oleh agama.

Acara tersebut merupakan rangkaian acara Acara Stadium Generale yang akan dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 5 Maret 2015 di Hall CIOS Unida Gontor.