Menjadi Mahasiswa Muslim Teknopreneur oleh Bpk Adhita Sri Prabakusuma

Pada awal bulan Agustus 2016 yang bertepatan dengan awal tahun ajaran baru 2016-2017, Prodi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor menyelenggarakan kuliah umum. Acara ini diselenggarakan dalam rangka memotivasi mahasiswa baru sehingga dapat lebih produktif selama menjadi mahasiswa. Tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Menjadi Muslim Teknopreneur melalui Pembentukan Karakter Mahasiswa Prestatif, Profesional, dan Kontributif.

kuliah tamu adhita sri prabakusumuma tip unida gontor 2 agustus 2016

Dalam acara tersebut, prodi TIP menghadirkan pembicara dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Bpk Adhita Sri Prabakusuma, S.P., M.Sc. Pada kesempatan acara tersebut, beliau menyampaikan tentang penguatan daya saing nasional yang dimulai semenjak mahasiswa. Salah satu hal penting yang disampaikan beliau adalah mahasiswa dapat memulai menjadi wirausahawan sejak dini. Beberapa keuntungan yang diperoleh jika berusaha sejak muda adalah:

  • Pengalaman lebih banyak
  • Jejaring dan pendanaan usaha yang terbuka luas
  • Jatah gagal yang dihabiskan semenjak dini

Usaha yang memungkinkan untuk dilakukan adalah dengan dagang. Hal tersebut selaras dengan Hadits Nabi Muhammad SAW tentang perdagangan. Dagang dapat dilakukan mahasiswa dengan menggunakan modal yang kecil.

Acara yang diikuti oleh seluruh mahasiswa baru (26 orang). Selain itu, mahasiswa tingkat 2 dan tingkat 3 juga hadir menyemarakkan acara tersebut, sebagian mahasiswa juga terlibat menjadi panitia. Masukan yang berharga pada acara tersebut adalah TIM PKM yang diundang PIMNAS ke-29 mendapatkan coaching yang intensif. Mahasiswa juga terlihat antusias selama mengikuti acara yang diselenggarakan selama setengah hari.

Semoga acara serupa dapat memberikan kontribusi positif bagi seluruh civitas akademika UNIDA Gontor, khususnya prodi Teknologi Industri Pertanian. Barokalloh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *