Yoghurt Yo Fresh Karya Dosen dan Mahasiswa TIP UNIDA Gontor

Yoghurt Yo Fresh Karya Dosen dan Mahasiswa TIP UNIDA Gontor

Lulusan perguruan saat ini dituntut untuk mampu berperan sebagai solusi atas permasalahan yang sedang dan akan terjadi. Salah satu peran yang dapat diambil dan coba ditarget dari Prodi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor adalah lulusan yang berkarakter pengusaha (entrpeneurship character). Dengan demikian, lulusan prodi ini diharapkan tidak menjadi pencari kerja, tetapi justru mampu menciptakan lapangan pekerjaan dan menjadi penyelesaian masalah pengangguran.

Yoghurt Yo Fresh Karya Dosen dan Mahasiswa TIP UNIDA GontorKegiatan non kelas seperti pembuatan produk agroindustri coba dilakukan secara sistematis dan terarah pada prodi TIP UNIDA Gontor. Salah satu produk yang dihasilkan adalah produk olahan susu, yaitu Yoghurt yang diberi label “Yo Fresh”. Yang menjadi ciri keIslaman produduk ini adalah adanya kata-kata mutiara (mahfudzot) pada label/kemasan produk. Bahan baku pembuatan yoghurt ini adalah susu yang diperoleh dari wilayah Ponorogo, Jawa Timur. Pembuatan yoghurt dilakukan mahasiswa saat mereka tidak aktif di kelas dan dipandu oleh dosen.

 

Produk Yoghurt Yo Fresh saat ini masih dipasarkan terbatas secara Internal. Pemasaran di dalam Kampus UNIDA Gontor – Siman dilakukan dengan cara menitipkan produk di kantin-kantin yang tersedia. Alhamdulillah, respon pasar terhadap produk ini positif.

Testimoni Yoghurt Yo Fresh Karya Dosen dan Mahasiswa TIP UNIDA Gontor

Anda dapat melihat produk yang sedang dikonsumsi anak-anak yang sedang belajar berhitung pada video Gontor TV berikut ini.

Semoga usaha kecil yang dilakukan prodi ini dapat memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan UNIDA Gontor dan bangsa Indonesia. Semoga akan lahir para pengusaha muslim (muslim teknopreneur) dari rahim TIP UNIDA Gontor. Untuk kesejahteraan bersama, mari berelaborasi, bukan berkompetisi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *