Kegiatan Pengabdian kpd Masyarakat TIP UNIDA Gontor di Desa Ngabar

Kegiatan Pengabdian Masyarakat Prodi TIP UNIDA Gontor melalui Pelatihan Pembuatan Susu Jagung sebagai Inisiasi Pembentukan Kelompok Usaha Mitra di Desa Ngabar Ponorogo

Pada tanggal 23 November 2016, Prodi Teknologi Industri Pertanian mengadakan pelatihan pembuatan susu jagung yang dilaksanakan di Desa Ngabar Kabupaten Ponorogo Provinsi Jawa Timur. Kegiatan pengabdian masyarakat ini melibatkan dosen dan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan.

Kegiatan Pengabdian kpd Masyarakat TIP UNIDA Gontor
Kegiatan Pengabdian kpd Masyarakat TIP UNIDA Gontor di Desa Ngabar

Dosen yang terlibat antara lain :

  1. Tian Nur Ma’rifat STP, M.Sc.
  2. Maya Sari STP., M.Si.

Mahasiswa yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat antara lain :

  1. Muhammad Hisyam Farchan Arifin
  2. Firmandita Aditama
  3. Ahmad Fityan Ramadhan
  4. Ahmad Baiquni Faris Azka
  5. Subhan Arie
  6. Ahmad Fathoni

Survey pendahuluan dilaksanakan pada tanggal 11 November 2016 melalui hearing dan diskusi dengan tokoh masyarakat Desa Ngabar. Hasil dari survey pendahuluan adalah masyarakat Dukuh 3 Bulusan Desa Ngabar memiliki potensi dalam pembentukan kelompok usaha mitra melalui kegiatan perkumpulan ibu-ibu yang ada di Dukuh tersebut. Dalam upaya pembentukan kelompok usaha mitra tersebut, pihak prodi dengan arahan dari tokoh masyarakat dapat menggerakkan kelompok ibu-ibu sebagai penggerak dan pelaku kegiatan usaha. Dalam melakukan inisiasi pembentukan kelompok usaha, prodi dibantu oleh tokoh masyarakat yang ada di Dukuh 3 Bulusan yaitu Ibu Siti Qomariyah. Selanjutnya, Ibu Siti Qomariyah bertugas untuk menjadi koordinator kegiatan yang akan dilakukan oleh kelompok usaha.

Pelatihan teknis mengenai pembuatan susu jagung memuat pengarahan teknis disertai peragaan cara pembuatan langsung susu jagung. Adapun rincian pelaksanaan pelatihan teknis pembuatan susu jagung antara lain :

  1. Lokasi : Rumah Ibu Siti Qomariyah
  2. Hari, Tanggal : Rabu, 23 November 2016
  3. Waktu : Pukul 18.05 – 19.30 WIB
  4. Jumlah Peserta : 48 orang

Pengarahan teknis disampaikan langsung oleh Bu Maya Sari STP., M.Si kemudian dilanjutkan dengan paparan mengenai pengelolaan usaha serta pemasaran produk susu jagung oleh Bu Tian Nur Ma’rifat STP., M.Sc. Peserta pelatihan merupakan ibu-ibu yang tinggal di Dukuh 3 Bulusan Desa Ngabar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *