Delegasi Dosen dari UNIDA Gontor dalam Workshop Penulisan Buku Ajar

Keikutsertaan Dosen TIP UNIDA Gontor dalam Workshop Penulisan Buku Ajar

Malang – Program Studi Teknologi Industri Pertanian Universitas Darussalam Gontor mengirimkan perwakilan salah satu dosen untuk mengikuti Workshop Penulisan Buku Ajar yang dilaksanakan pada hari Rabu dan Kamis, tanggal 15-16 Maret 2017 yang diselenggarakan oleh Pusat Publikasi dan Penerbitan karya Ilmiah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Malang. Dosen yang menjadi perwakilan Prodi TIP UNIDA Gontor adalah Tian Nur Ma’rifat STP., M.Sc.

Delegasi Dosen dari UNIDA Gontor dalam Workshop Penulisan Buku Ajar

Pembicara yang memberikan materi dalam workshop tersebut antara lain Bapak Amirullah dan Irra C. Dewi yang memberikan materi mengenai kiat-kiat praktis dalam menulis buku ajar dan teknik pembuatan indeks dan glosari, serta Bapak Aji Prasetya Wibawa yang memberikan materi mengenai plagiarisme dan teknik parafrase.

Dalam workshop tersebut, disampaikan mengenai pentingnya penulisan buku ajar bagi dosen. Tugas dosen dalam melaksanakan kegiatan pengajaran perlu ditunjang dengan sarana yang memudahkan mahasiswa untuk menangkap materi yang disampaikan. Salah satu sarananya adalah melalui pembuatan buku ajar. Dengan penulisan buku ajar, dosen mendapatkan banyak keuntungan diantaranya adalah mempermudah proses belajar-mengajar, meningkatkan kompetensi dosen dalam bidang keilmuannya serta meningkatkan jenjang karir dosen.

Dalam menyusun buku ajar perlu diperhatika bagian-bagian yang harus tercantum dalam buku ajar yang terdiri dari Bagian Luar, Preliminaries, Text Matter, dan Postliminaries.

Tahapan dalam penulisan buku ajar antara lain :

  1. Tentukan bidang ilmu yang diminati
  2. Lakukan studi banding terhadap buku sejenis
  3. Lakukan pemetaan terhadap materi yang dimuat dalam buku
  4. Mulailah menulis bagian isi (outline)
  5. Siapkan alat bantu dan format buku
  6. Tentukan judul buku
  7. Lakukan pengembangan materi
  8. Jika dirasa sudah cukup, lakukan penyuntingan akhir
  9. Persiapan untuk diterbitkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *