Kunjungan Industri dan Forum Evaluasi Prodi TIP sebagai Media Peningkatan Wawasan dan Kinerja Mahasiswa dan Dosen TIP

Kunjungan Industri dan Forum Evaluasi Prodi TIP sebagai Media Peningkatan Wawasan dan Kinerja Mahasiswa dan Dosen TIPPonorogo, 26-27 April 2016
Program studi Teknologi Industri Pertanian menyelenggarakan Kunjungan Industri dan Forum Evaluasi Prodi di Kecamatan Ungaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Kunjungan Industri dilaksanakan di dua perusahaan agroindustri, antara lain PT Sinar Sosro dan PTPN IX Banaran. Produk yang dihasilkan oleh PT Sinar Sosro antara lain Teh Botol Sosro, Fruit Tea, TEBS dan lain-lain. Produk yang dihasilkan oleh PTPN IX Banaran untuk komoditas perkebunan diantaranya adalah karet, teh dan kopi. Selain itu, PTPN IX juga menghasilkan produk hilir berupa Kopi Banaran, Teh Serbuk Kaligua, dan Teh Celup Kaligua.

penjelasan-guide-kunjungan-industri-sosro-2016

sambutan-saat-kunjungan-industri-sosro-2016

FOTO KUNJUNGAN INDUSTRIDari kegiatan kunjungan industri tersebut, mahasiswa mendapatkan manfaat diantaranya mahasiswa memahami alur produksi dari pembuatan kopi dan teh dalam botol secara langsung di industri. Selain itu, mahasiswa mampu menganalisis permasalahan yang terjadi di industri dan kemudian menerapkan teori yang sudah diperoleh di kelas untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.
Setelah mahasiswa melakukan kunjungan industri di dua perusahaan tersebut, tindak lanjutnya adalah mahasiswa ditugaskan untuk mengumpulkan makalah hasil dari pengamatan mahasiswa selama kegiatan kunjungan dan digunakan sebagai tugas kuliah.

Forum evaluasi prodi merupakan acara yang diadakan oleh program studi Teknologi Industri Pertanian. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa serta sharing tentang pelayanan prodi, fasilitas, cara mengajar civitas akademika prodi TIP serta masalah yang berkaitan proses pembelajaran dan kehidupan kampus. Selain itu, adanya penyebaran formulir kelanjutan studi untuk mahasiswa semester 2 yang di pandu oleh dosen pembimbing akademik masing-masing.

FOTO FORUM EVALUASIForum evaluasi ini menghasilkan serangkaian saran dan masukan dari mahasiswa dalam peningkatan kualitas kegiatan belajar mengajar Prodi TIP ke depan. Selain itu, dari forum evaluasi ini mahasiswa mendapatkan manfaat yaitu mahasiswa memperoleh kesempatan untuk mengutarakan masalah-masalah yang dihadapi dengan lebih terbuka kepada dosen pembimbing akademik baik itu terkait pembelajaran di kampus atau di luar kampus. Minat mahasiswa untuk melanjutkan studi di prodi Teknologi Industri Pertanian UNIDA juga terbentuk setelah proses penyamaan pola pikir yang dilakukan oleh dosen selama forum evaluasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *