Capaian Pembelajaran Program Studi Teknologi Industri PertanianCapaian pembelajaran program studi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor yang selanjutnya diterjemahkan ke dalam mata kuliah meliputi aspek-aspek yang tertera pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6 (Perpres No. 8 tahun 2012). Ada 4 aspek capaian pembelajaran yang disebutkan dalam KKNI level 6 tersebut, yaitu:

  1. Aspek Sikap dan Tata Nilai
  2. Aspek Ketrampilan Kerja Umum
  3. Aspek Kewenangan dan Tanggung Jawab
  4. Aspek Penguasaan Pengetahuan/Keilmuan dan Keterampilan Kerja Khusus

 

Rincian Capaian Pembelajaran Program Studi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor adalah sebagai berikut:

ASPEK SIKAP DAN TATA NILAI

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;
  3. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  4. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara berdasarkan Pancasila;
  5. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  6. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri;
  9. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

ASPEK KETRAMPILAN KERJA UMUM

  1. Menerapkan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi di bidang keahliannya melalui penalaran ilmiah berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif;
  2. Mengkaji pengetahuan dan atau teknologi di bidang keahliannya berdasarkan kaidah keilmuan, atau menghasilkan karya desain/seni beserta deskripsinya berdasarkan kaidah atau metoda rancangan baku, yang disusun dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir;
  3. Mempublikasikan hasil tugas akhir atau karya desain/ seni, yang memenuhi syarat tata tulis ilmiah, dan dapat diakses oleh masyarakat akademik.
  4. Menyusun dan mengkomunikasikan ide dan informasi bidang keilmuannya secara efektif, melalui berbagai bentuk media kepada masyarakat akademik;
  5. Mengambil keputusan secara tepat berdasarkan analisis dalam melakukan supervisi dan evaluasi terhadap pekerjaan yang menjadi tanggungjawabnya;
  6. Mengelola pembelajaran diri sendiri;
  7. Mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.

ASPEK PENGUASAAN PENGETAHUAN/KEILMUAN dan KETERAMPILAN KERJA KHUSUS

  1. Menguasai dan mampu menerapkan pilar kompetensi Teknologi Industri Pertanian yang meliputi teknologi, manajemen, dan rekayasa sistem.
  2. Memiliki kepekaan, mampu mengidentifikasi permasalahan, dan memutuskan alternatif pemecahan masalah dalam sistem industri pertanian.
  3. Memiliki kepribadian, pola pikir kritis, holistik dan inovatif dalam mengintegrasikan pilar kompetensi Teknologi Industri Pertanian.
  4. Mampu membangun jaringan kerja dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan (entrepreneurhip) yang berkelanjutan.
  5. Mampu mengaplikasikan teknologi, manajemen, dan rekayasa sistem untuk menghasilkan alternatif solusi permasalahan di bidang industri pertanian.
  6. Memiliki pemikiran terbuka, menyeluruh dan terpadu serta diterima masyarakat dan berpartisipasi aktif pada lingkungan.
  7. Memiliki nilai-nilai moral dan etika yang baik dalam bidang kerjanya.