UNIDA Gontor dan PT Sorini Agro Asia Corp. Peringati Hari Pangan Sedunia 2014

pengabdian-tip-sorini-hari-pangan-sedunia-2014Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia 2014, Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Darussalam Gontor mendapat tawaran kerjasama dari PT Sorini Agro Asia Corp cabang Ponorogo. Perusahaan tersebut bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian terutama memproduksi tepung tapioka yang berbahan dasar singkong atau ketela pohon. Acara tersebut juga merupakan bukti Tri Dharma Perguruan Tinggi di bidang pengabdian kepada masyarakat. Acara diadakan 30 Oktober 2014 dengan memberikan pelatihan kepada 250 pelajar dari 9 sekolah dari TK,SD, SMP, SMU   di Kabupaten Ponorogo.

Pelatihan meliputi perawatan tanaman sawi, kol , terong dalam polybag, model hydroponic, hydrogel , pengetahuan diversifikasi pangan dan pengolahan sampah organic dengan menggunakan cacing.Sekolah yang dipilih adalah sekolah yang  peduli di lingkungan – program adiwiyata.

Pada kesempatan kali ini, Prodi TIP Unida Gontor mengambil peran dalam memberikan pengetahuan tentang diversifikasi pangan. Bahwa sumber pangan tidak hanya berupa beras saja. Banyak sumber pangan lokal yang beranekaragam dan belum termanfaatkan secara optimal. Untuk itu, beragam sumber pangan seperti jagung, umbi umbian, talas dan sebagainya diperkenalkan dalam acara tersebut. Acara tersebut juga melibatkan mahasiswa.

mahasiswa-tip-sorini-2014