Pengabdian Kepada Masyarakat: Pelatihan Pengolahan Jamur

Pelatihan Jamur

Ponorogo – Rabu, (23/10/2019) Tim Pengabdian kepada Masyarakat Prodi Teknologi Industri Pertanian (TIP), Fakultas Sainstek, UNIDA Gontor melakukan pelatihan pengolahan jamur di Desa Demangan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Haris Setyaningrum, MSc selaku Dekan Fakultas Sainstek membuka kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat tersebut denga menekankan bahwa pelaksanaan kegiatan ini menjadi kegiata rutin semua prodi di Fakultas Sainstek dengan memberikan pelatihan, pendampingan dan pembinaan yang rutin sebagai wujud dari kewajiban Tri Dharma Perguruan Tinggi. “Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dilakukan oleh tim dari Prodi TIP merupakan proses pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan yang ada di prodi TIP di tengah-tengah masyarakat serta turut serta dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat”, jelas dekan Fakultas Sainstek. Jaenuri selaku Kepala Desa Demangan yang juga hadir dalam pembukaan kegiatan tersebut menyambut dengan hangat dan penuh antusian dengan adanya kerjasama dan pengabdian yang dilakukan Prodi TIP dengan Desa Demangan. “Saya berharap, kerjasama, pelatihan dan pendampingan seperti ini diadakan rutin dalam setiap tahun terutama untuk warga Desa Demangan”, sambut Jaenuri dengan hangat.

Pelatihan Jamur - Wendianing
Pelatihan Jamur – Wendianing

Wendianing Putri Luketsi, STP, MSi, dosen Prodi TIP yang merupakan salah satu pemateri dalam kegiatan tersebut menuturkan, “Jamur tiram mempunyai potensi yang sangat tinggi sebagi sumber protein alternatif dan juga akan bisa menjadi sumber pendapatan baru bagi masyarakat setempat. Dengan pelatihan pengolahan jamur tiram diharapkan masyarakat Desa Demangan dapat mengolah dan memasarkan olahan jamur tiram disamping dapat menyuplai protein alternatif untuk mereka selain protein hewani”.

Pelatihan Jamur - TIP UNIDA GONTOR
Pelatihan Jamur – TIP UNIDA GONTOR

Senada dengan hal itu salah satu dosen Prodi TIP yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini, Agensy Nurmaydha, STP, MT berharap bahwa pelatihan pengolahan jamur tiram diharapkan bisa mendorong perkembangan dan kemajuan perekonomian Desa Demangan. “Semoga  setelah pengabdian masyarakat ini, produk-produk inovasi berbahan dasar jamur tiram bisa terus bermunculan hingga desa ini benar-benar menjadikan olahan jamur tiram sebagai salah satu ladang bisnis sehingga bisa menjadi desa percontohan bagi desa lain” ungkap dosen technopreneuship Prodi TIP ini.

Pelatihan Jamur - TIP UNIDA GONTOR
Pelatihan Jamur – TIP UNIDA GONTOR

Kegiatan yang diikuti oleh sebagian besar ibu rumah tangga ini dimaksudkan untuk memperkenalkan masyarakat Desa Demangan tentang pengolahan jamur tiram yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai sumber protein alternatif dan dapat menjadi salah satu sumber pendapatan masyarakat, yakni mengolah jamur menjadi beberapa produk inovatif. Pelatihan pengolahan jamur menjadi nugget jamur dan jamur krispi dibantu oleh beberapa mahasiswa Prodi TIP. Antusiame dari peserta yang mengikuti pelatihan terlihat jelas dari banyaknya peserta yang hadir serta mengikuti rangkaian acara dari awal hingga selesainya acara dan pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan peserta tentang keingintahuan dalam pengolahan nugget dan jamur krispi [Wening/ Ed. Devi].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *