JAMUR TRUFFLE SEBAGAI OBAT UNTUK PENYAKIT TRAKOMA

Allah telah menciptakan berbagai macam tanaman herbal yanga dapat digunakan dalam kehidupan sehari-hari.tanaman yang telah diciptakan Allah sudah pasti mengandung khasiat yang baik bagi kesehatan. Ada banyak tanaman herbal yang pernah dikomsumsi oleh Rasulullah SAW. yaitu kam’ah atau al-faqa’ yang lebih dikenal dengan istilah truffle. Yang mana jamur ini banyak tersebar di jazirah arab. Banyak orang tidak mau mengkonsumsi tanaman ini karena bentuknya. At-Thabari meriwayatkan dari Jabir RA, “Itu adalah cacar tanah lalu Rasulullah menjelaskan bahwa al-Kam’ah bukanlah cacar tanah tetapi termasuk jenis al-manna.

Dalam sejumlah kitab tafsir, makna al-manna sebagaimana surah al-Baqarah ayat ke-57, makna kata al-manna adalah tanaman yang muncul dalam musim tertentu terutama musim hujan bercampur petir. Truffle konon dapat ditemukan dekat batang pohon besar. Berbentuk umbi, biasanya dalam satu lokasi bisa mencapai 20 hingga 30 buah. Orang arab menyebutnya tanaman petir karena al-kam’ah akan tumbuh semakin banyak bila banyak petir. Hujan musim semi disertai petir akan membuatnya tumbuh subur dan berkembang biak. 

Truffle merupakan salah satu tanaman obat. Mengutip hadis Bukhari dan Muslim, Rasulullah pernah menyatakan jika truffle airnya dapat menyembuhkan sakit mata. Dalam Konferensi Internasional Kedokteran Islam di Kuwait terungkap, al-kam’ah efektif untuk mengatasi trakoma, salah satu penyakit infeksi pada mata. Penyakit ini disebabkan bakteri. Selain itu ekstrak air al-kam’ah dapat mencegah terjadinya pembentukan jaringan ikat atau fibrosis pada penyakit trakoma. Bisa jadi, hal itu terjadi akibat netralisasi efek kimiawi racun-racun kuman penyebab trakoma dan minimalisasi bertambahnya penumpukan sel. Al-kam’ah juga kaya akan protein. Kandungan lain yang terkandung dalam jamur ini adalah fosfor, kalium, sodium, kalsium, dan vitami B12. Sehingga dapat mengobati kuku rapuh, bibir pecah-pecah dan gangguan penglihatan. Manfaat lain truffle adalah melancarkan pencernaan. Beberapa orang yang menderita alergi, gatal, dan penyakit kulit lain tidak disarankan untuk mengkonsumi jamur ini secara berlebihan [Syamna Meliana (Prodi Farmasi)/Ed Rustamaji].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *