Taukah Anda Manfaat “Daun Salam” Untuk Kesehatan ?

Taukah Anda…Apakah Itu Daun Salam ?

Daun Salam yang selama ini terkenal sebagai bumbu dapur untuk berbagai masakan, ternyata tidak hanya sekedar pelengkap bumbu masakan, ternyata  daun salam menyimpan manfaat yang luar biasa bagi kesehatan.

Daun salam tergolong obat tradisional untuk mengatasi berbagai macam keluhan/penyakit, karena daun salam tinggi akan kandungan vitamin C dan A, serta asam folat dan berbagai mineral seperti tembaga, selenium, besi, seng, mangan, magnesium, potasium dan kalsium. Hal ini menjadi kabar yang baik bagi masyarakat yang terbiasa mengkonsumsi obat kimia, sehingga dapat berganti memanfaatkan obat herbal yang jauh lebih aman bagi kesehatan.

Daun salam mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional atau di ladang masyarakat, dapat dijadikan obat dengan cara merebusnya dengan air dan mengkonsumsi air rebusan tersebut dengan rutin. Lalu apa sajakah manfaat mengkonsumsi air rebusan daun salam ?

Berikut manfaat air rebusan daun salam bagi kesehatan :

  1. Menurunkan kolesterol: air rebusan daun salam ini dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh manusia.
  2. Mengobati darah tinggi : air rebusan daun salam bisa mengobati hipertensi alias penyakit tekanan darah tinggi.
  3. Mengatasi masalah pencernaan : Daun salam baik digunakan untuk menyembuhkan masalah pencernaan dan mual
  4. Meredakan penyakit asam urat: Asam urat yang sering diderita oleh seseorang dapat diatasi dengan rutin mengkonsumsi air rebusan daun salam.
  5. Mengobati sakit mata: air rebusan daun salam dapat digunkan dengan membasuh air rebusan daun salam ini.
  6. Mencegah diabetes: daun salam mengandung polifenol yang berfungsi sebagai antioksidan yang kuat. Zat tersebut dipercaya dapat menurunkan kadar gula darah dan kolesterol pada penderita diabetes.
  7. Meningkatkan kinerja jantung : zat polifenol dalam daun salam juga mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah, sehingga mencegah komplikasi penyakit jantung yang sering kali menyerang pasien dengan diabetes.
  8. Mengatasi sembelit: air rebusan daun salam juga diyakini dapat mengatasi sembelit.
  9. Meringatkan nyeri : daun salam dapat digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada sendi, keseleo, rheumatik, dan arthritis karena memiliki sifat anti inflamasi.
  10. Menghilangkan dan mengurangi lemak tubuh: lemak tubuh yang menumpuk dan membeku dapat dilunturkan dengan mengkonsumsi air rebusan daun salam ini.
  11. Mengatasi demam dan infeksi

Selain manfaat diatas, tentu masyarakat harus mengetahui terlebih dahulu kondisi kesehatan masing-masing, jika dirasa mengkonsumsi air rebusan daun salam tersebut menimbulkan efek yang tidak diterima oleh tubuh maka sebaiknya melakukan konsultasi dengan pihak medis maupun dokter. Semoga Ikhtiar untuk sembuh dan sehat selalu mendapat kemudahan dari Alloh SWT. Aamiiiin. [Dhika Amalia K (Dosen Manajemen, UNIDA Gontor)/Ed. Izza].

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *