Kamis, 30 Juli 2020, Dosen Program Studi TIP Unida Gontor yakni Gusti Randy Pratama ST. M.Si bertugas menjadi moderator pada webinar yang berjudul “Standarisasi Mutu IKM Pangan menuju Sukses Pemasaran Online di Era Digital”. Webinar tersebut diselenggarakan oleh KKN-T IPB bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Ngrayun secara daring melalui ZOOM dan semi daring di Kantor Kecamatan Ngrayun.

Webinar terlebih dahulu dibuka dengan kata sambutan oleh Camat Ngrayun Pak Hadi Rustiyono, S.STP, M.M., selanjutnya masuk ke sesi pemaparan materi oleh dua narasumber dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Peserta yang mengikuti webinar tersebut terdiri dari pelaku IKM di wilayah Kabupaten Ponorogo serta mahasiswa KKN-T IPB 2020.

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh Bapak Dr. Tjahja Muhandri, beliau merupakan Dosen Ilmu dan Teknologi Pangan, IPB. Beliau menjelaskan pentingnya bukti tertulis dalam setiap kegiatan produksi pada suatu IKM. Nantinya dari bukti tertulis tersebut akan melahirkan SOP kerja pada IKM tersebut. Sehingga dampaknya mutu produk yang dihasilkan pun akan standar, tidak bervariasi.

Pemaparan materi kedua disampaikan oleh Ibu Ryza Sulistyanawati S.TP. Beliau merupakan Praktisi IKM dan Pemilik CV. Bumi Pangan Nusantara, Sidoarjo. Produk yang dihasilkan yaitu tepung bumbu. Beliau menjelaskan teknik pemasaran online yang efektif dengan pemanfaatan media sosial seperti Facebook dan Instagram. Hal tersebut sudah beliau terapkan pada produknya dan dampaknya sangat cepat menyentuh kepada konsumen.

Webinar ditutup dengan sesi diskusi tanya jawab. Peserta sangat antusias mengikuti webinar tersebut, hal itu dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta kepada kedua narasumber. [Randy/Ed. Abu Ali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *