Program Bimbingan Teknis (BIMTEK) bagi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP) Bidang Kimia Tahun 2020 berlangsung mulai tanggal 24 – 28 Agustus 2020 diadakan secara daring (zoom dan google classroom) oleh Direktorat Sumberdaya Ditjen Pendidikan Tinggi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kegiatan ini diikuti oleh 40 peserta terpilih hasil seleksi panitia, yang berasal dari beberapa Universitas Negeri maupun Swasta. Narasumber yang berpartisipasi diantaranya adalah Dr. Drs. Komar Sutriah, M.Si (IPB), Andi Setiawan, Ph.D., Prof. Riyanto, S.Pd., M.Si., Ph.D., (UII), dan Thoriqul Huda, S.Si., M.Sc. (UII). BIMTEK ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang laboratorium kimia, baik dari aspek manajemen dan aspek teknis dalam bekerja di laboratorium. Selain itu juga memberikan arahan dan motivasi mengenai pengembangan karir serta peningkatan kualifikasi Pranata Laboratorium Pendidikan (PLP).

Program Studi Teknologi Industri Pertanian UNIDA Gontor ikut andil menjadi peserta dalam rangkaian BIMTEK yang diwakili oleh Ibu Anita Arifianti, S.TP. “Harapan ke depan, sedikit demi sedikit semoga bisa memberikan perubahan ke arah yang lebih baik khususnya bagi Laboratorium Kimia Prodi TIP UNIDA Gontor,” ungkap Anita.

Tantangan Perguruan Tinggi kini semakin tinggi, diantaranya ada tantangan akses, tantangan mutu, dan tantangan kelola. Terutama untuk tantangan mutu, bagi Perguruan Tinggi harus menjadi pekerjaan kita bersama sebagai civitas akademika termasuk bagi PLP. Salah satu cara peningkatan kualitas laboratorium dapat dilakukan dengan pengadaan sarana dan prasarana yang lebih baik. Sehingga lambat laun laboratorium bisa menjadi pusat keunggulan dari Perguruan Tinggi. [ANT/Ed. Abu Ali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *