Ahad (30/8/20), Pengelola Jurnal Agroindustrial Technology Journal (ATJ), Program Studi Teknologi Industri Pertanian, Unida Gontor menyelenggarakan webinar dengan tema “Teknik Penulisan Artikel Ilmiah & Kiat Menembus Jurnal Terakreditasi”. Webinar dilaksanakan melalui aplikasi Zoom dengan kapasitas 300 peserta.

Penulisan artikel ilmiah menjadi sebuah tantangan bagi para mahasiswa saat ini, khususnya pada saat mahasiswa tersebut sudah mulai mengerjakan tugas akhir.  Mahasiswa harus memiliki artikel ilmiah pada suatu jurnal dan hal tersebut menjadi syarat kelulusan.

Minat peserta untuk mengikuti webinar tentang penulisan artikel ilmiah ini sangat baik, terbukti peserta yang mendaftar sebelum acara melalui google form mencapai angka 200 peserta. Peserta yang mendaftar dari berbagai kalangan mulai dari mahasiswa, dosen dan juga peneliti. Peserta webinar juga berasal dari berbagai universitas yang ada di Indonesia mulai dari Aceh sampai Papua dan bahkan ada peserta webinar dari Universitas yang ada di Thailand.

Acara webinar dimoderatori oleh Anita Arifianti S.TP. Beliau merupakan tenaga kependidikan pada Prodi TIP, Unida Gontor dan dibuka dengan kata sambutan oleh Dekan Fakultas Saintek, Unida Gontor yaitu Al-Ustadz Haris Setyaningrum M.Sc.

Narasumber pada webinar ini yaitu Dr. Rahmat Fadhil. Beliau merupakan dosen teknik pertanian Universitas Syiah Kuala, Aceh. Salah satu prestasi beliau yaitu lulusan tercepat dan terbaik pada saat beliau menjalani program doktoral di Institut Pertanian Bogor (IPB) dengan waktu tempuh studi hanya 2,5 tahun dan IPK 4,00. Salah satu poin penting yang beliau sampaikan pada saat webinar berlangsung yakni “Ide yang buruk atau investigasi yang dirancang dengan buruk tidak dapat diselamatkan oleh presentasi karya yang sangat baik, dan ide yang sangat baik yang diselidiki dengan baik masih bisa ditakdirkan oleh presentasi yang buruk” tutur beliau. Sehingga, ide penelitian yang baik merupakan suatu modal penting dalam penulisan artikel ilmiah.

Acara webinar diakhiri dengan penutupan oleh Kepala Prodi TIP Unida Gontor yaitu Al-Ustadz Muhammad Nur Kholis M.Si, beliau mengucapkan terima kasih kepada narasumber dan peserta yang sudah hadir pada webinar kali ini dan semoga ilmu yang diperoleh bisa memberikan manfaat khususnya kepada peserta webinar dalam penyusunan artikel ilmiah. [GRP/Ed. Abu Ali]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *