Pada hari Ahad, 11 Oktober 2020, Laboratorium Pengolahan Pangan Prodi TIP (Teknologi Industri Pertanian) UNIDA Gontor kedatangan tamu. Mereka yaitu 9 mahasiswa staff Laboratorium UEC (Unida Entrepreneur Center) Prodi Manajemen UNIDA Gontor dan didampingi oleh 1 Kepala Laboratorium. Mahasiswa staff lab tersebut terdiri dari lintas angkatan, mulai semester 1 hingga semester 7.

Tujuan mereka berkunjung yaitu ingin belajar membuat salah satu produk olahan makanan yang telah diproduksi oleh TIP Corp (kelompok studi mahasiswa Prodi TIP), yaitu pizza.

Siapa sih yang tak mengenal makanan yang bernama pizza? Pizza adalah roti yang berbahan dasar tepung terigu, kemudian diberi taburan topping seperti tomat, jagung, sosis, daging, dan bahan-bahan lainnya kemudian diberi tambahan saus, mayonaise, dan keju. Karena rasa gurih, kelezatan, dan peluang bisnis dari pizza itulah yang membuat rasa penasaran mereka untuk mempraktikkannya secara langsung.Acara dibuka oleh Ibu Anita Arifianti selaku plt Kepala Laboratorium Prodi TIP dengan sambutan hangat. “Saya berterimakasih atas kesediaannya untuk mengunjungi Lab TIP dan berharap semoga kegiatan sharing pengalaman dan proses pembuatan pizza siang hari ini berlangsung lancar, sehingga dapat memberikan manfaat untuk kedepannya, ” ujar beliau.

Kepala Lab UEC, Ibu Apriliana Ika Kusumanisita, mengutarakan bahwa selepas kegiatan pelatihan ini, mahasiswa diharapkan dapat membuat ide bisnis baru untuk di realisasikan. “Kegiatan pada hari ini diharapkan dapat menjadi stimulus bagi mahasiswa kami sehingga bisa memunculkan ide bisnis baru khususnya di bidang makanan, ” ujarnya.

Kegiatan berlangsung sangat seru. Mahasiswa staff Lab UEC Prodi Manajemen sangat antusias ketika diminta untuk praktik langsung. Mereka selalu memperhatikan arahan tim TIP Corp dari semester 5 (Rahmad, Zaky, dan Sandi) yang menjelaskan bagaimana langkah demi langkah dalam pembuatan pizza.

Terakhir, kegiatan ditutup oleh Ibu Agensy Nurmaydha selaku dosen pembimbing TIP Corp yang sangat mengapresiasi keinginan mahasiswa staff Lab UEC Prodi Manajemen untuk belajar membuat produk olahan makanan. “Semoga selepas kegiatan ini, antum semua dapat menjadi entrepreneur dan bisa mengkreasikan pizza dengan ide kreatif lainnya. Misalnya pizza yang biasanya gurih, bisa dicoba kreasi baru menjadi pizza manis dan lain sebagainya, ” ujar bu Agensy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *