Keamanan Pangan merupakan isu penting dan perlu diperhatikan bagi konsumen maupun produsen makanan dan minuman. Konsumen harus mendapatkan jaminan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi aman dan bebas dari segala bahaya baik biologi, kimia, maupun fisik. Suatu sistem jaminan mutu yang mendasarkan pada pengendalian untuk mengontrol bahaya-bahaya yang dapat timbul pada bahan baku dan tahap produksi disebut sebagai HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point).  

Teknologi Industri Pertanian (TIP) Universitas Darussalam (UNIDA) Gontor bekerjasama dengan Catalyst Consulting mengadakan pelatihan online dengan tema In-Depth HACCP Arrangement for Food Industries and Services yang terlaksana pada hari Sabtu (21/11/2020) dan Minggu (22/11/2020) pada jam 09.00 – 15.00 melalui aplikasi Zoom. Pemateri hari pertama adalah Bapak Jamal Zamrudi yang juga merupakan founder Catalyst Consulting dan pada hari kedua materi disampaikan oleh Ibu Naily Zulfa. Sambutan dari TIP UNIDA Gontor disampaikan oleh Bapak Muhammad Nur Kholis, M.Si selaku Ketua Program Studi, “Kompetensi yang dimiliki merupakan salah satu bekal seseorang agar dapat bertahan dan menyesuaikan diri dengan lingkungan yang kompetitif. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman di bidang HACCP dan dapat mendukung kompetensi mahasiswa yang sesuai dengan kebutuhan industri saat ini khususnya.

Pelatihan mencakup materi antara lain, introduction to food safety management system, introduction to codex HACCP, requirements of prerequisite program (PRP), five preliminary steps of HACCP, seven principles of HACCP, dan examples of implementation of requirements. Peserta pelatihan merupakan sivitas akademika UNIDA Gontor dan dari luar kampus. Tidak hanya dari kalangan akademisi saja, kalangan praktisi juga ikut bergabung dalam pelatihan ini.

“Pematerinya sangat kompeten, penyampaiannya komunikatif sehingga mudah dipahami, dan banyak ilmu yang diberikan hingga praktik langsung dalam pembuatan dokumen HACCP”, ungkap kesan Miftahul Rohmah salah satu peserta pelatihan.

“Pematerinya sangat kompeten, penyampaiannya komunikatif sehingga mudah dipahami, dan banyak ilmu yang diberikan hingga praktik langsung dalam pembuatan dokumen HACCP”, ungkap kesan Miftahul Rohmah salah satu peserta pelatihan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *