Gambar 1. VCO

Apa sih yang dimaksud dengan VCO (Virgin Cocunut Oil

VCO (Virgin Cocunut Oil) atau yang lebih kita kenal sebagai minyak kelapa merupakan produk olahan asli Indonesia yang terbuat dari daging kelapa segar yang diolah pada suhu rendah atau tidak menggunakan suhu yang tinggi seperti minyak kebanyakan diolah. Dengan pengolahan yang tidak menggunakan suhu tinggi membuat VCO memiliki kandungan yang tetap tertahankan dan bermanfaat bagi tubuh. VCO  merupakan minyak kelapa murni yang bebas dari transfatty acid atau asam leamk trans. Asam lemak trans ini terdapat di beberapa minyak yang pengolahannya menggunakan suhu tinggi, sehingga mengalami proses hidrogenasi. Pengolahan VCO dilakukan dengan proses dingin, mislanya secara Fermentasi, pancingan, pemanasan terkendali, pengeringan parutan kelapa secara cepat dan lain-lain. Dengan pengolahan yang tidak menyebabkan proses hidrogenasi ini lah yang membuat VCO memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. (Sardi Hi.Damin, 2017)

Nilai Gizi pada VCO (Virgin Cocunut Oil

Kandungan antioksidan di dalam VCO pun sangat tinggi, seperti tokoferol dan poliferol. Kandungan tokoferol dalam VCO yang bersifat antioksidan dapat mengurangi oksidatif yang diakibatkan oleh paparan sinar UV. Antioksidan dalam VCO juga dapat mencegah penuaan dini dan menjaga vitalitas tubuh. Disamping itu VCO juga aman digunakan untuk moisturizer pada kulit sehingga dapat meningkatkan hidrasi kulit. Dengan ketersediaan kelapa sebagai bahan dasar VCO yang melimpah di Indonesia, membuat banyak perusahaan yang menambahkan VCO didalam komposisi pembuatan produk kosmetik. Selain kandungan antioksidan dalam VCO yang menjadikkan zat tambahan kosmetik, karakteristiknya yang memiliki kandungan asam lemak jenuh dan aroma yang lebih baik dibandingkan minyak konvensional memberikan keungguan tersendiri dalam pemanfaatan VCO di produk kosmetik. (Chalis F. Hasibuan, 2018)

Manfaat VCO (Virgin Cocunut Oil

Gambar 2. Kosmetik yang menggunakan VCO

  1. Kosmetik

Beberapa salon kecantikan di Indonesia sudah memulai menggunakan VCO dalam perawatan kecantikan untuk pasien dan costumer, yaitu seperti salon Dewi yang terkenal di Bekasi dan Kima Bajo-Resort and spa yang berada di Manado-sulut, yang telah mengandalkan VCO dengan tambahan wewangian alami untuk perawatan kecantiakn para turis yang sedang liburan di Sulawesi Utara yang mana kebanyakan turis tersebut berasal dari Singapura. (torar, 2009)

Gambar 3. Kima Bajo-Resort and spa dengan vasilitas VCO dalam perawatannya.

2. Mengobati Penyakit Kulit

Sebagaimana dalam sebuah studi dari Himalaya Drug Company bahwa aplikasi topical minyak kelapa murni membawa aktivitas anti-inflamasi dan meningkatkan fungsi perlindungan kulit dengan mengatur AQP-3 ( Sandeep, 2020)

3. Menurunkan kolesterol jahat

Dalam penelitian Dr. Hostmark menggunakan tikus yang memakan VCO mempunyai kolesterol baik lebih banyak 10% dibandingkan tikus yang makan minyak bunga matahari.

Dalam penelitian Dr. Hostmark menggunakan tikus yang memakan VCO mempunyai kolesterol baik lebih banyak 10% dibandingkan tikus yang makan minyak bunga matahari.

4. Mengobati Jerawat

Jerawat menyerang sebagian remaja. Itu tidak berarti orang dewasa tidak terpengaruh olehnya, tetapi presentasenya lebih sedikit. Saat pori-pori kulit tersumbat oleh kulit mati dan minyak maka akan menjadikan jerawat. Cara untuk mengatasi jerawat dengan VCO adalah hal yang perlu anda ketahui adalah bersihkan dan keringkan wajah anda sebelum menggunakan VCO. Kemudian aplikasikan VCO ke wajah anda sambil dipijat-pijat dengan lembut.

Referensi

Chalis F. Hasibuan, R. ,. (2018). pembuatan Virgin coconut oil dengan menggunakan cara tradisional. Jurnal pengabdian masyarakat , 128-132.

Sardi Hi.Damin, N. A. (2017). karakteristik virgin cocnut oil (VCO) yang dipanen pada berbagai ketinggian tempat tumbuh. e-J. Agrotekhis , 431-440.

torar, r. b. (2009). diversifikasi produk virgin coconut oil. balai penelitian tanaman kelapa dan palma lain.

Ditulis oleh Kamila Fatin Sabrina Mahasiswi Prodi Gizi Semester 6 ed Nurhayati

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *