Senin, 22 Februari 2021. Keluarga besar mahasiswa Teknologi Industri Pertanian (TIP) Universitas Darussalam Gontor mengadakan acara Karantina Tahfidz Berjama’ahyang dilaksanakan di Lab Prodi K3 pada pukul 09.00-18.00. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa TIP Semester dua (2) hingga delapan (8) sebagai Al-Hafidzin dan Bapak/ Ibu Dosen sebagai Al-Muhafidz.

Al-Qur’an merupakan pedoman bagi manusia untuk menjalankan perintah yang ada di dunia ini. Al-Qur’an juga merupakan sahabat yang akan menemani, menjaga, dan membantu kita sudah di Padang Mahsyar nanti. Sebagai mahasiswa UNIDA atau yang sering disebut sebagai mahasantri, dimana ketika lulus nanti bisa menjadi seorang pemimpin yang dapat mengawal, menjaga dan menginspirasi umat dengan mengamalkan semua yang ada didalam Al-Qur’an.

Adapun tips dan trik dalam menghafal Al-Qur’an dari teman-teman TIP adalah sebagai berikut:

  1. Harus diawali dengan niat yang kuat.
  2. Bersih dalam diri dan berpakaian.
  3. Terus membaca berulang-ulang minimal 10 x/ 1 halaman.
  4. Memahami isi Al-Qur’an.
  5. Menaruh Al-Qur’an di depan muka agak condong ke sebelah kiri, agar dapat merekam huruf-huruf yang dibaca.
  6. Melakukan Muraja’ah.
  7. Tinggalkan maksiat.

Tahfidz Berjama’ah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa untuk menghafal Al-Qur’an secara intensif karena hal ini menjadi persyaratan Ujian Akhir Semester (UAS) walaupun ada sebagian mahasiswa Prodi TIP yang sudah lulus Tahfidz tetapi tetap mengikuti kegiatan ini. Hasil dari kegiatan ini mahasiswa TIP Alhamdulillah banyak yang sudah menghafal lebih cepat dan melebihi target. Hal ini terbukti apabila kita fokus terhadap sesuatu maka target akan tercapai yang di iringi dengan kesungguhan.  Acara ini ditutup dengan buka bersama dan tausyiah, sehingga rasa kekeluargaan kami semakin erat (By: El-hm).

ADAPUN ARTIKEL-ARTIKEL YANG MENARIK DAN TIDAK BOLEH KAMU LEWATKAN:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *