Manfaat Daun Pepaya Bagi Kesehatan Tubuh

Pola kehidupan masyarakat dunia zaman ini cenderung kembali ke alam termasuk di bidang obat-obatan. Manusia saat ini beralih ke tumbuhan obat disebabkan obat-obatan alami atau herbal memiliki beberapa kelebihan, salah satunya kelebihan utamanya adalah tidak memiliki efek samping apabila dikonsumsi dengan baik, efektif bagi penyakit yang sulit disembuhkan dengan obat kimia, harganya terjangkau, dan penggunaan tidak perlu bantuan tenaga medis.

Bangsa Indonesia sudah lama mengenal bahkan memproduksi tumbuhan obat, salah satunya adalah daun pepaya. Daun papaya (Carica papaya L.) mengandung banyak enzim alkaloid, karpain, pseudokarpain, dan chymopapain, yang dapat membantu sistem pencernaan, mencegah kembung, dan gangguan pencernaan lainnya. Selain pencernaan, daun papaya memiliki sanyawa alkaloid yang kuat seperti karpain yang bekerja secara efektif melawan ketombe dan kebotakan. Disamping itu, daun papaya juga mengandung banyak vitamin seperti A,C,E,K, dan B dalam jumlah besar dan mineral seperti kalsium, magnesium, natrium magnesium, dan zat besi. Kekayaan senyawa yang dimiliki daun pepaya menunjukan potensi farmakologis. Berikut ini adalah khasiat daun pepaya untuk kesehatan tubuh :


1. Mengatasi gejala yang berkaitan dengan penyakit demam berdarah
Penyakit demam berdarah diakibatkan oleh nyamuk aedes yang menyebar melalui darah sehingga mengakibatkan turunya tombosit darah. Dengan mengkonsumsi daun pepaya dapat membantu menambah jumlah trombosit.


2. Menjaga keseimbangan gula darah
Penyakit kencing manis atau diabetes disebabkan oleh tingginya kadar gula darah dalam tubuh. Daun pepaya dapat mengatur produksi insulin sehingga dapat memeriksa kadar gula darah. Disamping itu, sifat antioksidan yang dimiliki daun pepaya membantu menurunkan komplikasi akibat diabetes seperti kerusakan ginjal dan hari berlemak.


3. Mendukung fungsi pencernaan
Daun pepaya mengandung enzim papain dan chymonpapain yang telah terbukti dapat membantu pencernaan, mencegah sembelit, menyembuhkan sakit mag, dan membersihkan usus besar.

4. Mendukung pertumbuhan rambut
Daun pepaya mengandung senyawa bersifat antioksidan, seperti flavonoid dan vitamin E. sehingga dengan mengkonsumsi daun yang kaya antioksidan dapat membantu mengurangi stress oksidatif dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Senyawa karpain juga dapat dijadikan sampo anti ketombe dan komponen alkaloid juga dapat menghilangkan kotoran dan minyak dari kulit kepala.


5. Menyembuhkan nyeri saat menstruasi
Dengan mengkonsumsi daun pepaya diyakini dapat memudahkan aliran menstruasi dan mengurangi rasa sakit. Khasiat penyembuhannya menyeimbangkan hormone, dan mengatur siklus menstruasi.


6. Memiliki sifat anti kanker
Ekstrak dan aktioksidan dalam daun pepaya mampu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker prostat dan payudara.


7. Baik untuk kesehatan hati
Sama seperti khasiat buahnya, daun pepaya juga mampu membersihkan hati, sehingga dipercaya dapat menyembuhkan banyak penyakit hati kronis, penyakit kuning dan sirosis hati.

[Dhika Amalia/Ed. Alfian & Ilham]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *