Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah munculnya rasa terbakar di dada akibat asam lambung naik ke kerongkongan. Penyakit ini bisa di alami oleh orang dewasa atau anak anak, walaupun penyakit asam lambung ini tidak mematikan seperti serangan jantung, penyakit asam lambung peril di tangani agar tidak terjadi komplikasi.

Penyebab asam lambung naik ke kerongkongan terjadi ketika otot kerongkongan bagian bawah (otot LES) melemah. Otot LES ini seharusnya berkontraksi dan menutup saluran ke kerongkongan setelah makanan turun ke lambung, Bila otot Ini melemah, kerongkongan akan tetap terbuka dan asam lambung akan naik kembali ke keronkongan.

Dan biasanya asam lambung naik itu dipicu oleh makanan yang terlalu pedas dan asam, kondisi ini juga lebih beresiko terjadi pada orang lanjut usia, orang dengan berat badan lebih (obesitas), perokok, orang yang sering berbaring atau tidur setelah makan, wanita hamil dan orang yang memiliki riwayat sakit magh.

Studi yang berjudul Assessment of dietary nutrients that influence perception of intra‐oesophageal acid reflux events in patients with gastro‐oesophageal reflux disease, menyimpulkan bahwa lemak jenuh, kolesterol, dan kalori dari lemak berkaitan erat dengan terjadinya refluks atau aliran cairan yang tidak sesuai dengan gerakan normal.

Sederhananya, dalam kasus ini, refluks menyebabkan asam lambung malah naik. Penelitian yang sama juga mendukung hipotesis kalau kandungan pada lemak seakan mendorong otot halus kerongkongan bagian bawah untuk bertindak abnormal sehingga menyebabkan kenaikan asam lambung.

Cara menurunkan asam lambung tanpa obat:

  1. Hindari mengkonsumsi makanan yang dapat memicu refluks berlebihan seperti kafein, soda, cokelat, jus jeruk  dan makanan yang berlemak tinggi.
  2. mengkonsumsi lebih banyak serat. Serat membantu saluran pencernaan bekerja dengan lancar dan sehat.
  3. Jangan tidur langsung setelah makan. Dikarenakan makanan yang telah nmasuk ketubuh kita belum terolah dengan baik, dan kebiasaan tidur setelah makan sering menjadi penyebab naiknya asam lambung. Berilah jeda waktu setelah makan kurang lebihnya 1 hingga 2 jam agar makanan dalam tubuh terolah dengan baik.
  4. Makan makanan dengan perlahan. Agar makanan tersebut dengan mudah dicerna oleh tubuh, sehingga tidak perlu waktu lama bagi tubuh untuk mencerna makanan tersebut.
  5. Tidak merokok. Dikarenakan Merokok dapat mengurangi efektivitas kerja otot yang menjaga zat asam yang ada di lambung.
  6. Mengurangi makanan pedas dan asam, dikarenakan makanan pedas dan asam dapat mengakibatkan luka pada lambung dan dapat menimbulkan asam labung.

Itulah informasi seputar asam lambung yang perlu kamu ketahui. Semoga artikel singkat tentang asam lambung ini bisa bermanfaat untuk kehidupan sehari hari, sekian terimakasih.

ADAPUN ARTIKEL-ARTIKEL YANG MENARIK YANG TIDAK BOLEH KETINGGALAN:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *